Jumat, 07 Desember 2012

LUPAKAN SAJA


Di sebuah perkampungan, tinggalah seorang nenek yang sudah sangat tua. Namun kondisi tubuhnya masih sangat sehat. Walaupun usianya sudah  masuk senja, dirinya masih bisa mencari nafkah dengan tangan keriputnya. Hidup sendiri di usia renta tak pernah membuatnya terlihat sedih. Setiap waktu bibirnya selalu mengembangkan senyum dan raut mukanya ceria.

Nenek ini tidak pernah menjadi beban para tetangga. Malahan, merekalah yang menjadikan beliau sebagai tempat mencari jalan keluar untuk berbagai masalah. Tidak hanya orang yang tak mampu saja, banyak juga orang kaya bahkan pejabat setempat mendatanginya untuk sekadar meminta nasehat. Karena sang nenek memang terkenal suka membantu, beliau pasti akan memberikan bantuan sebanyak yang ia bisa. Kalau memang harus memberi berupa materi, ia tak segan-segan memberikan kepada yang lebih membutuhkan. Masyarakat setempat, mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua, sangat mengagumi dan menghormati nenek itu.

Suatu hari, sang nenek didatangi seorang pejabat desa setempat. Pejabat ini terkenal sangat dermawan. Namun pejabat ini merasa apa yang dilakukan masih jauh bila dibandingkan dengan sang nenek.

Walaupun pejabat itu, selalu membantu rakyatnya yang kesusahan. Namun, hatinya masih sangat gelisah, dan dia ingin mencari tahu apa yang diperbuat nenek itu sehingga mendapatkan simpati yang melebihi dirinya.

”Nek, aku ingin tahu rahasia nenek bisa begitu dihormati di sini?” tanya pejabat itu membuka percakapan.

”Nenek tidak melakukan apa-apa,” jawabnya merendah.

”Aku benar-benar ingin tahu nek, aku sudah berusaha yang terbaik untuk rakyatku  tetapi mengapa aku masih saja gelisah? Bukankah orang yang selalu berbuat baik hidupnya akan tenang?” tanya pejabat tadi yang usianya masih muda itu.  ”Aku bisa merasakan dan sangat yakin hidup nenek jauh lebih tentram dan bahagia” lanjut pejabat tersebut semakin gelisah.

”Apakah tuan benar-benar ingin tahu penyebab kegalauan  tuan?” sang nenek mulai melontarkan pertanyaan. 

”Iya nek” Balas pejabat itu singkat.

”Sesungguhnya nenekpun belum tahu apa penyebabnya, yang bisa nenek lakukan adalah mencari akar permasalahan yang menyebabkan tuan gelisah. Baiklah, nenek ingin tanya, hari ini tuan sudah berbuat kebaikan apa saja dan kejahatan atau kesalahan orang lain apa yang diterima tuan?” Nenek menatap dalam-dalam pejabat yang tertunduk itu.

”Hari ini aku telah membantu sebuah keluarga yang kelaparan. Aku terharu melihat mereka menitik air mata saat menerima bantuan dariku. Tapi yang membuatku kesal, saat aku menuju ke sini, di tengah perjalanan aku bertemu seorang yang terpeleset. Bukannya berterima kasih saat ku tolong, orang itu malah memaki saya dengan perkataan yang kasar. Aku benar-benar tidak bisa terima, air susu dibalas dengan air tuba,” jelas pejabat panjang lebar.

Heumh, sambil tersenyum, nenek itu kemudian berkata ”Lupakan itu semua, maka hidup tuan akan tenang.”

”Maksud  nenek?” pejabat itu makin bingung.

”LUPAKAN KEBAIKAN KITA kepada ORANG LAIN, dan juga LUPAKAN KESALAHAN ORANG LAIN terhadap KITA,” papar nenek itu lugas.

Akhirnya pejabat itupun paham apa yang membuat dirinya TIDAK TENANG. Ia pun lekas berpamitan pulang dengan wajah yang mulai cerah.

Setelah pertemuan itu, wajah tuan pejabat pun selalu terlihat ceria. Ia mencoba untuk tidak mengingat-ingat kebaikannya dan kesalahan yang dilakukan oleh orang lain padanya. [pnurullah]

disadur dari e-book : cerita motivasi

4 komentar:

Zeal*Liyanfury mengatakan...

iya deh lupakan saja... seperti melepaskan ikatan-ikatan yang mengganggu kenyamanan dalam beribadah, ikatan-ikatan selain kepada Alloh SWT memang seharusnya dilepaskan.
jadilah orang yang mukhlis... #menasehati diri ^_^

Ahmad Lukman mengatakan...

LUPAKAN. Sederhana, namun buahnya teramat istimewa. Terimakasih, :)
Jangan lupa mampir, ya http://ahmadlukman-alhakiem.blogspot.com/

Berbagi Cerita Perjalanan Kehidupan mengatakan...

like, lupakan kebaikan kita kepada orang lain dan lupakan kesalahan orang lain thd kita. ceritanya inspiratif bgt

Unknown mengatakan...

All : makasih, semoga bermanfaat..